JPNN.com

Simak, Saran NCBI Kepada Jokowi agar Tunggakan Perkara Korupsi Segera Diselesaikan

Jumat, 22 Januari 2021 – 09:58 WIB
Simak, Saran NCBI Kepada Jokowi agar Tunggakan Perkara Korupsi Segera Diselesaikan - JPNN.com
Ketua/Pendiri NCBI (Nation and Character Building Institute), Juliaman Saragih. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri sekaligus Direktur Nation and Character Building Institute (NCBI) Juliaman Saragih menyarankan kepada Presiden Joko Widodo segera memerintahkan Jaksa Agung, Kapolri dan Ketua KPK untuk membersihkan tunggakan-tunggakan perkara korupsi yang menarik perhatian masyarakat dan melibatkan keuangan negara di ketiga institusi tersebut.

“Jika Presiden Jokowi setia pada perintah konstitusi bahwa Indonesia adalah Negara Hukum, bukan berdasar kekuasaan, maka kebijakan ideal Presiden adalah segera memerintahkan Jaksa Agung, Kapolri dan Ketua KPK untuk membersihkan tunggakan-tunggakan perkara korupsi di ketiga institusi tersebut,” kata Juliaman Saragih di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Juliaman menilai Jaksa Agung dan Ketua KPK masih terhitung baru menjabat, dan Kapolri baru segera menjabat. Namun, jika memang benar menjunjung tinggi transparansi dalam penanganan perkara, semestinya sistem yang terintegrasi dan real-time adalah prioritas internal di ketiga institusi. Hal yang sama juga semestinya dilakukan Mahkamah Agung.

“Sistem ini memungkinkan setiap perjalanan penanganan perkara diketahui masyarakat,” tegas Juliaman.(fri/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...