Simulasi Pilpres 2024: Prabowo-Puan Paling Diunggulkan, JK-Anies Kalah Tipis

Simulasi Pilpres 2024: Prabowo-Puan Paling Diunggulkan, JK-Anies Kalah Tipis
Hasil survei Polmatrix Indonesia terkait simulasi pasangan capres-cawapres. Foto: ANTARA/HO-Polmatrix Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Survei Polmatrix Indonesia menyebutkan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani merupakan pasangan paling kuat di antara pasangan capres-cawapres lainnya.

"Dari simulasi yang ada, Prabowo-Puan diunggulkan dengan dukungan mencapai 19 persen," kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto, dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis.

Jaraknya tidak terpaut jauh dengan dua pasangan calon unggulan lainnya. Pasangan Jusuf Kalla-Anies Baswedan didukung sebanyak 16,4 persen dan Ganjar Pranowo-Khofifah Indar Parawansa sebesar 15,6 persen.

Lalu Ridwan Kamil-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang meraih dukungan 12,3 persen.

"Pasangan Prabowo-Puan paling diunggulkan publik dalam laga Pemilu 2024, tetapi mendapat penantang kuat dari JK-Anies dan Ganjar-Khofifah, serta RK-AHY," ujarnya.

Menurut Dendik, sebagai representasi dari dua kekuatan politik terbesar, Prabowo-Puan masih memerlukan daya ungkit yang lebih besar jika ingin memenangkan Pemilu 2024.

"Koalisi yang terbangun antara PDIP dan Gerindra tampaknya perlu bekerja ekstra keras," kata Dendik.

Dari simulasi terhadap para kandidat yang memiliki elektabilitas tinggi, Anies lebih tepat jika dipasangkan sebagai cawapres JK yang merupakan tokoh senior.

Simulasi yang dilakuka Polmatrix Indonesia menunjukkan bahwa Pilpres 2024 kemungkinan bakal jadi pertarungan ketat antara tiga kandidat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News