Sindikat PMI Ilegal Kembali Terungkap, Kemnaker Apresiasi Kinerja Polri

Sindikat PMI Ilegal Kembali Terungkap, Kemnaker Apresiasi Kinerja Polri
Polresta Bandara Soekarno Hatta bersama Kementerian Ketenagakerjaan menggelar konferensi pers terkait pengungkapan sindikat pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal, Jumat (10/2). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan apresiasi kinerja jajaran Polri dalam hal ini Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dalam mengungkap tindak pidana penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) secara nonprosedural alias ilegal.

"Pengungkapan sindikat PMI ilegal ini menjadi langkah baik dan memberikan efek jera kepada yang lain," tegas Direktur Jenderal Binwasnaker dan K3 Haiyani Rumondang melalui siaran pers Kemnaker, Jumat (10/2).

Dirjen Haiyani menegaskan Kemnaker memiliki konsentrasi tinggi untuk memastikan calon PMI yang ingin bekerja keluar negeri secara prosedural.

Dia pun mengingatkan seluruh masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri agar secara prosedural dengan datang langsung ke Disnaker di masing-masing kabupaten/kota atau melalui Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA).

"Jangan mudah terbujuk rayu iming-iming mudah untuk bekerja keluar negeri dengan cara gampang dan instan, karena risikonya sangat tinggi," pesan Dirjen Haiyani.

Jika bekerja keluar negeri tanpa prosedur yang jelas sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang PPMI, lanjut dia, tentu tidak terdaftar di pemerintah maupun perwakilan.

Direktur Binariksa Kemnaker Yuli Adiratna juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polresta Soetta, imigrasi, Angkasa Pura dan BP2MI, yang dapat bekerja sama dalam melakukan pencegahan PMI keluar negeri.

"Ini hasil kerja kita bersama antarkementerian atau lembaga dan kepolisian. Kami berharap tak terjadi lagi penempatan secara nonprosedural ke depan. Ini jadi pelajaran kita semua, karena di sana ada oknum-oknum yang memanfaatkan ketidakberdayaan PMI," kata Yuli Adiratna.

Kemnaker menyampaikan apresiasi kinerja jajaran Polri dalam hal ini Polresta Bandara Soekarno Hatta dalam mengungkap sindikat PMI ilegal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News