Sindikat Sabu Anggap Jalur Medan-Jakarta Aman

Sindikat Sabu Anggap Jalur Medan-Jakarta Aman
Sindikat Sabu Anggap Jalur Medan-Jakarta Aman
JAKARTA - Jaringan sindikat narkoba internasional memang sudah membaca situasi, hingga memilih Medan sebagai transit sebelum dipasok ke Jakarta.  Selain kawasan pantai Sumut relatif gampang dijadikan pintu masuk, begitu berhasil masuk Medan, jaringan narkoba yakin bakal aman untuk melanjutkan perjalanan darat menuju Jakarta.

"Dengan menggunakan kapal-kapal kecil, mereka masuk ke Sumut. Dari Medan, jalan darat ke Jakarta. Bandar-bandar itu sudah mempelajari situasi. Bisa aman hingga Lampung. Dari Lampung mobil begitu saja masuk (ke kapal menuju Jakarta)," ujar Juru Bicara Badan Narkotika  Nasional (BNN) Kombes Pol Sumirat Dwiyanto kepada JPNN di Jakarta, kemarin (10/2).

Kok bisa semulus itu? Sumirat mengatakan, bandar narkoba selalu punya jaringan yang luas, dengan menanamkan orang-orangnya di banyak tempat. "Ada yang warga biasa, ada juga petugas. Atau mereka berhasil mengelabui," ujarnya.

Lantas, apa yang dilakukan BNN untuk menutup jalur masuk ke pantai Sumut? Dijelaskan Sumirat, persoalan yang dihadapi BNN adalah keterbatasan petugas. Sementara, panjang pantai Indonesia 81 ribu kilometer.

JAKARTA - Jaringan sindikat narkoba internasional memang sudah membaca situasi, hingga memilih Medan sebagai transit sebelum dipasok ke Jakarta. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News