Sinergi Lintas Sektor, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak di Bandung

Sinergi Lintas Sektor, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak di Bandung
Sinergi Lintas Sektor, Sido Muncul Gelar Operasi Katarak di Bandung. Foto: dok. Sido Muncul

jpnn.com, JAKARTA - PT Sido Muncul menggelar kegiatan sosial operasi katarak di Gedung RSUD Bandung Kiwari, Bandung, Jawa Barat, pada 7-9 Mei 2023.

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut hasil kolaborasi dengan PT. Panca Insan Mandiri, PERDAMI (Pusat (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dan Yayasan Selaras.

Direktur utama Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan program sosial ini rutin dilakukan setiap tahun di berbagai wilayah Indonesia.

"Pada Pertengahan 2023, kami berkolaborasi dengan sejumlah mitra yang turut didukung oleh Dinas Kesehatan Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, dan RSUD Bandung Kiwari,” ujar Irwan Hidayat, dalam keterangannya, Jumat (5/5).

Berdasarkan data nasional Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) 2014 – 2016 Kemenkes, dengan sasaran populasi usia 50 tahun ke atas diketahui bahwa angka kebutaan mencapai 3% dan katarak merupakan penyebab kebutaan tertinggi (81%). Dari data PERDAMI, pada 2017 terdapat 8 juta orang dengan gangguan penglihatan.

Direktur RSUD Bandung Kiwari dr. H. Yorisa Sativa, M.Kes mengungkapkan berdasarkan data dari Yayasan Selaras, sampai saat ini lebih kurang 225 peserta terdaftar menjalani operasi katarak. 

Para peserta akan melalui tahap screening dan yang berhasil melewatinya baru bisa melakukan operasi.

"Dengan kapasitas gedung dan fasilitas kesehatan yang canggih merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan kegiatan operasi katarak di RSUD Bandung Kiwari," ujar dr. H. Yorisa.

Sido Muncul berkolaborasi dengan sejumlah mitra menggelar kegiatan sosial operasi katarak di Bandung, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News