Sinergi Nawacita Janjikan 90 Juta Suara untuk Jokowi-Ma'ruf

Sinergi Nawacita Janjikan 90 Juta Suara untuk Jokowi-Ma'ruf
Deklarasi Sinergi Nawacita Indonesia untuk Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin di Jakarta, Jumat (5/10). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan lembaga relawan yang tergabung dalam Sinergi Nawacita Indonesia (SNCI) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf). Tak tanggung-tanggung, SNCI mengaku akan memberikan sekitar 90 juta suara kepada duet calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) bernomor urut 01 itu.

Ketua Umum SNCI RM Suryo Atmanto menyatakan, setidaknya ada 30 juta suara relawan yang akan mencoblos Jokowi - Ma’ruf di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Jika 30 juta relawan itu bisa menggaet anggota keluarga masing-masing, maka setidaknya akan ada 90 juta suara bagi Jokowi - Ma’ruf atau hampir setengah dari daftar pemilih tetap (DPT).

"Dari total yang bergabung sudah ada 30 juta orang. Kami belum hitung keluarga mereka. Anggap satu keluarga dan teman mereka yang punya hak suara ada tiga orang, berarti sudah ada 90 juta suara buat Jokowi - Amin," kata Suryo Atmanto saat menggelar konferensi pers di Markas SNCI, Jalan Prapanca Raya, Jakarta Selatan, Jumat (5/10).

Suryo lantas memerinci kelompok-kelompok relawan yang tergabung dalam SNCI. Antara lain Himpunan Pengusaha Nahdiyin dengan 2,7 juta anggota, Rumah Jokowi dengan 250 ribu anggota, Gapoktanu Bursatani yang beranggotakan 5 juta orang, serta Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia dengan 3,6 juta anggota.

Ada pula Relawan Nusantara Bangsa yang konon memiliki empat juta anggota, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dengan 15 juta anggota, serta sejumlah organisasi lain dengan jumlah yang tergabung sebanyak 20 perkumpulan atau organisasi.

Rencananya, SNCI tidak sekadar memberikan dukungan untuk Jokowi - Ma’ruf. Sebab, kata Suryo, SNCI juga akan menyampaikan sejumlah usul untuk melengkapi Nawacita.

Suryo mejelaskan, Nawacita saat ini masih perlu disempurnakan mengingat kompleksitas persoalan dan kemajemukan masyarakat. "Kami sudah susun drafnya, pada waktunya kami akan berikan kepada Pak Jokowi," kata dia.

Menurut Suryo, sejauh ini Jokowi sudah di jalur tepat dalam mewujudkan sembilan poin dalam Nawacita. Meski demikian, tambah dia, harus ada prioritas dalam mewujudkan Nawacita.

Puluhan lembaga relawan yang tergabung dalam Sinergi Nawacita Indonesia (SNCI) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News