Sinyal Istana, Jaksa Agung Berpeluang dari Luar

Mahfud: Butuh Sosok yang Punya Gebrakan

Sinyal Istana, Jaksa Agung Berpeluang dari Luar
Sinyal Istana, Jaksa Agung Berpeluang dari Luar
SURABAYA -- Bukan tidak mungkin jaksa agung mendatang berasal dari luar kejaksaan. Sudah ada sinyal dari istana yang memberikan peluang bagi orang luar untuk menggantikan Hendarman Supandji memimpin Gedung Bundar.

Sinyal dari istana itu diungkapkan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud M.D. saat berdiskusi dengan awak redaksi Jawa Pos kemarin (18/9). "Ada peluang jaksa agung nonkarir," ujarnya menirukan ucapan orang dekat SBY itu. Bagi Mahfud, tak masalah jaksa agung berasal dari eksternal. Dia menilai, calon dari luar akan bisa bekerja dengan baik seperti halnya calon dari internal.

Dia mengungkapkan, ada sejumlah nama orang luar kejaksaan yang layak menempati posisi orang nomor satu di Kejaksaan Agung. Di antaranya, Amien Sunaryadi, mantan wakil ketua KPK yang dinilai bersih. Dia juga menyebut nama hakim agung Artidjo Al-Kautsar.

Selain itu, Mahfud setuju salah seorang calon ketua KPK, Busyro Muqoddas atau Bambang Widjojanto, menjadi jaksa agung. Artinya, kalau Busyro masuk KPK, Bambang bisa menjadi alternatif sebagai jaksa agung atau sebaliknya. Untuk internal, Mahfud menyebut dua nama. Yakni, Darmono yang saat ini menjabat wakil jaksa agung dan Jaksa Muda Pidana Khusus Amari. "Dua orang itu baik," ujarnya.

SURABAYA -- Bukan tidak mungkin jaksa agung mendatang berasal dari luar kejaksaan. Sudah ada sinyal dari istana yang memberikan peluang bagi orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News