Sip, Dubes Tantowi Yahya Kenalkan Kuliner Nusantara ke Samoa

Sip, Dubes Tantowi Yahya Kenalkan Kuliner Nusantara ke Samoa
Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya bersama Perdana Menteri (PM) Samoa Tuilaepa Aiono Sailele Malielegaoi di Apia, Senin (18/12). Foto: KBRI Wellington for JPNN.Com

jpnn.com, APIA - Cita rasa kuliner dan seni budaya Nusantara merambah hingga Samoa. Senin (18/12) malam, Kedutaan Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga menggelar Festival Masakan Indonesia di Apia, ibu kota negeri yang terletak di Samudra Pasifik itu.

“Ini adalah Festival Masakan Indonesia pertama di Pasifik,” ujar Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga Tantowi Yahya melalui siaran pers ke media, Selasa (19/12). "Makanan Indonesia yang disajikan lezat-lezat."

Tantowi menjelaskan, Festival Masakan Indonesia di Apia dibuka oleh Menteri Kesehatan Samoa Dr Leao Talalelei Tutama. Acara yang digelar di Sheraron Hotel Samoa itu juga dihadiri para menteri, anggota parlemen, perwakilan organisasi internasional dan korps diplomatik negara-negara sahabat Indonesia.

Sip, Dubes Tantowi Yahya Kenalkan Kuliner Nusantara ke Samoa

Gado-gado yang disajikan di Festival Masakan Indonesia di Aipa, Samoa.

Demi menggelar Festival Masakan Indonesia di Apia, Tantowi memboyong dua chef asal tanah air yang bermukim di Selandia Baru, yakni Adjie dan Jimmy. Sedangkan semua bahan baku untuk makanan yang disajikan di Festival Masakan Indonesia memang tersedia di Samoa.

Selanjutnya, Adjie dan Jimmy mengolah bahan pangan asli produk pertanian Samoa menjadi berbagai masakan khas Nusantara. “Ada gudeg, kolak, rendang, tekwan, soto bandung, es teler dan lainnya,” sebut Tantowi.

Lebih lanjut ambasador yang sebelumnya dikenal sebagai presenter televisi dan quiz master itu mengatakan, Festival Masakan Indonesia di Apia merupakan upaya untuk membangun kedekatan antara Indonesia dengan Samoa. “Kita membangun kedekatan dalam konteks Pacific Engagement dan people to people diplomacy,” tegasnya.

Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengenalkan berbagai jenis kuliner khas Nusantara ke warga Samoa, sebuah negeri pulau di Samudra Pasifik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News