Siswa di Klungkung Difasilitasi Angkutan Gratis

Siswa di Klungkung Difasilitasi Angkutan Gratis
Siswa smp klungkung bisa menikmati fasilitas angkutan sekolah gratis. Foto: istimewa

jpnn.com, KLUNGKUNG - Pelajar di Kabupaten Klungkung sudah bisa menikmati angkutan sekolah gratis.

Angkutan gratis yang beroperasi sejak November 2017 itu disambut baik orang tua siswa, sekolah dan siswa.

Fasilitas angkutan gratis ini, menurut Bupati Kabupaten Klungkung, I Nyoman Suwirta, untuk mendorong semangat siswa bersekolah.

Bila siswa semangat, otomatis mutu pendidikan akan terdongkrak.

Sebagai langkah awal, Suwirta menjelaskan pelayanan transportasi gratis ini diberlakukan kepada siswa Seklolah Menengah Pertama (SMP).
Di mana tingkat pelanggaran pengendara bermotor acapkali didapati oleh siswa SMP yang usianya belum cukup umur untuk memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Target kami adalah menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang melibatkan siswa. Saat ini sasaran utama pada siswa usia SMP yang sering berangkat dan pulang ke sekolah tanpa memiliki SIM," ujar Suwirta dalam pernyataan tertulisnya.

Program angkutan gratis saat ini baru bisa melayani Siswa di Kecamatan Klungkung, yang selanjutnya akan menyebar merata di kecamatan lainnya.

“Saat ini sebanyak 84 kendaraan disiapkan, terdiri dari mobil penumpang umum (MPU) 71 kendaraan dan bus kecil umum sebanyak 13 kendaraan yang melayani beberapa Sekolah SMP di Kecamatan Klungkung. Ke depan semua kecamatan akan juga merasakan fasilitas angkutan gratis ini," terang Suwirta.

Tingkat pelanggaran pengendara motor sering dilakukan siswa SMP yang usianya belum cukup umur untuk memiliki surat izin mengemudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News