Siswono: Pilpres 2014 yang Terbaik

Siswono: Pilpres 2014 yang Terbaik
Siswono: Pilpres 2014 yang Terbaik

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Pakar sekaligus politikus Partai Golkar, Siswono Yudo Husodo menyatakan pemilihan umum presiden tahun 2014 merupakan pemilu yang terbaik sejak bergulirnya era reformasi.

"Saya telah mengikuti pemilu sejak 1997 dan ikut banyak pilkada, jujur saya katakan pilpres (9 Juli 2014) yang lalu adalah yang terbaik," kata Siswono ditemui di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (24/7).

Dia menyebut ada sejumlah ukuran bahwa pilpres kali ini yang terbaik. Pertama, tinginya antusias masyarakat memberikan hak pilihnya di pilpres, yakni mencapai 71 persen.

"Bukan seperti pileg dengan memobilisasi tetapi antusias masyarakat ikut mensukseskan pilpres melalui relawan dari kedua calon. Ini pemilu pertama yang diikuti 2 calon, tahun 2004 ada 5 calon, lalu 3 calon," ujarnya.

Kemudian, dia melihat transparansi dalam setiap tahapan pilpres sangat tinggi. Di mana hasil rekapitulasi di TPS berupa formulir C1 langsung disajikan ke publik melalui situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga dapat diakses masyarakat.

Begitu juga hasil penghitungan secara berjenjang dari PPS, PPK di KPUD dan Provinsi dan nasional dilakukan secara terbuka dan diikuti masyarakat. "Dengan kondisi seperti itu, lebih baik dari pileg, dari pilpres sebelumnya, sulit dimengerti apabila ada yang menolak hasil itu," tegas Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR itu.

Karena itulah dirinya berharap semua pihak menerima hasil rekapitulasi dan penetapan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai pemenang pilpres dihormati semua pihak, terutama oleh pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Pilpres kita sudah selesai, kita harap yang menang tidak mabuk kemenangan dan yang kalah menghormati pihak yang menang," singkatnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Dewan Pakar sekaligus politikus Partai Golkar, Siswono Yudo Husodo menyatakan pemilihan umum presiden tahun 2014 merupakan pemilu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News