Situ Elok, Rintisan Ekowisata Unggulan

Situ Elok, Rintisan Ekowisata Unggulan
Situ Elok, Rintisan Ekowisata Unggulan
CILONGOK - Situ Elok Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah menjadi sebuah potensi sumberdaya alam yang patut dibanggakan. Situ yang memiliki nilai sejarah ini cukup menunjang kehidupan warga sekitar. Guna menjaga kelestarian Danau Situ Elok Pernasidi, Pemerintah Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok melakukan upaya tersebut dengan membuat keramba ikan tawar. Keramba seluas sekitar 6x5 meter itu sudah berdiri di atas danau situ elok lengkap dengan jaring apung.

Kepala Desa Pernasidi, Rokhmat mengatakan, upaya menjaga kelestarian Danau Situ Elok terintegrasi dalam segala hal. Meski sangat mengutamakan kelestariannya, pihaknya  tidak berkeinginan untuk mengganggu aktifitas warga yang sering memancing di Situ Elok.

Karena itu, pemerintah desa akan menetapkan zona yang dijadikan tempat keramba ikan serta lokasi yang harus tepat supaya tidak menggangu kegiatan memancing yang sering dilakukan masyarakat. "Pada musim hujan ini, Situ Elok tidak kering. Untuk menjaga kelestariannya, kami sudah membuat keramba ikan tawar di kawasan Situ Elok. Kebutuhan bibit ikan sendiri, kami sudah mengajukan ke pemerintah untuk membantu,"kata Rokhmat beberapa waktu lalu.

Menurut Rokhmat, keberadaan Danau Situ Elok merupakan wilayah perairan yang potensial untuk pengembangan kawasan perikanan budidaya air tawar, khususnya budidaya ikan dalam keramba jaring apung (KPA). "Selain itu, danau ini bisa menjadi kawasan ekowisata, dan yang tak kalah penting karena danau ini memiliki sumber daya air yang besar, sehingga ini perlu dilestarikan,"tambahnya.

CILONGOK - Situ Elok Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah menjadi sebuah potensi sumberdaya alam yang patut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News