Situasi Kondusif, Polda Papua Mengizinkan Penerbangan ke Intan Jaya

Situasi Kondusif, Polda Papua Mengizinkan Penerbangan ke Intan Jaya
Aktivitas terkini di Bandara Bilogai, Intan Jaya, Papua Tengah. foto: Petugas Bandara Bilogai

jpnn.com - JAYAPURA - Kepolisian Daerah Papua merekomendasikan maskapai untuk mengambil rute penerbangan ke Bandara Bilorai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pascarentetan aksi yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal itu dilakukan Polda Papua setelah situasi keamanan di Intan Jaya kondusif.

"Sebelumnya kami tidak merekomendasi penerbangan ke Bandara Bilorai sampai situasi betul-betul situasi kondusif dan saat ini sudah bisa karena situasi sudah dikendalikan aparat keamanan," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri saat ditemui di Jayapura, Jumat (9/2) siang. Jenderal bintang itu pun menegaskan bahwa saat ini situasi Intan Jaya sepenuhnya telah kondusif.

Sebelumnya, pesawat yang mengangkut aparat keamanan ditembaki KKB di Bandara Bilogai, beberapa waktu lalu. 

Dalam insiden itu, aparat gabungan TNI Polri terlibat kontak tembak dengan kelompok separatis, yang mengakibatkan satu anggota KKB tewas. 

Tercatat sejak 20 hingga 23 Januari 2023, enam anggota KKB tewas saat kontak tembak dengan aparat keamanan di Intan Jaya. 

Identitas keenam pentolan KKB yang tewas, yakni Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, Ones, Melkias Maisani dan Harisatu Nambagani (mcr30/jpnn) 

Situasi keamanan kondusif, Polda Papua mengizinkan penerbangan ke Intan Jaya, Papua Tengah.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News