Situs Megalitikum Gunung Padang Diekskavasi 2014

Situs Megalitikum Gunung Padang Diekskavasi 2014
Kemendikbud ambil alih penelitian situs purbakala megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Foto: Fathra Nazrul Islam/JPNN
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memimpin penelitian sampai pemugaran situs purbakala megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Dari penelusuran secara ilmiah ini diharapkan spekulasi tentang benda yang tersembunyi di dalam bukit  diselimuti bebatuan purbakala yang sudah ditemukan arkeolog Belanda sejak 1914 itu segera berakhir.

"Wilayahnya akademik. Kalau ada debat pakar ya akademik. Itu perbedaan pandangan mengenai apa yang ada di dalam Gunung Padang. Kalau dilihat pakai ilmu kasat mata ya gak kelihatan," kata M Nuh usai mengunjungi komplek situs purbakala Gunung Padang, Kamis (6/6) petang.

Menurut mantan Menkominfo itu, karena yang diperdebatkan berada di dalam tanah di areal perbukitan Cianjur, maka pembuktiannya harus menggunakan ilmu geologi. Bisa menggunakan georadar dan semacamnya karena itu bagian dari signal processing.

"Jadi silahkan gunakan kaedah akademik dan ilmu apa saja selama bisa dipertanggung jawabkan secara akdemik. Ayo sama-sama buktikan dan eksplore. Pak Presiden sudah mengiyakan, silahkan teruskan penelitian," kata Menteri asal Jawa Timur itu.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memimpin penelitian sampai pemugaran situs purbakala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News