Slamet Ramadhan Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Ciremai

Slamet Ramadhan Dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Ciremai
Slamet Ramadhan, Macan Tutul Jawa. Foto : Humas KLHK

jpnn.com, SUBANG - Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) berkelamin jantan bernama Slamet Ramadhan merupakan hasil evakuasi Tim Gugus Tugas Evakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Macan Tutul jawa berhasil dievakuasi dengan kerja sama petugas Kebun Binatang Bandung, kepolisian setempat, pemerhati satwa, JAAN dan masyarakat sekitar di Desa Cimalingping, Kecamatan Kasomalang, Subang.

Setelah berhasil dievakuasi, Macan Tutul Jawa tersebut dititip rawat di Kebun Binatang Bandung.

BACA JUGA : Misbah Hasan Minta Jokowi Evaluasi Kemampuan Kerja Budi Waseso

 

Macan kemudian dipindahkan ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga untuk mendapatkan perawatan intensif dengan fasilitas kandang yang lebih luas, sembari menunggu proses pemulihan dan rehabilitasi.

Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) melaksanakan serangkaian koordinasi dengan para pihak antara lain dengan BBKSDA Jawa Barat, Balai TN Gunung Ciremai, Forum Macan Tutul Jawa (Formata).

Peduli Karnivor Jawa, SINTAS Indonesia, Pro Fauna dan Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan untuk menentukan lokasi pelepasliaran.

Slamet Ramadhan sempat mendapatkan perawatan intensif dengan fasilitas kandang yang lebih luas, sembari menunggu proses pemulihan dan rehabilitasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News