SMA Gunakan Sistem SKS

SMA Gunakan Sistem SKS
SMA Gunakan Sistem SKS

jpnn.com - SEKUPANG - Pelaksanaan pembelajaran untuk tahun ini tetap menggunakan acuan panduan pembelajaran berdasarkan kurikulum baru 2013. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin, tak ada perbedaan sama sekali dengan pelaksanaan kurikulum baru 2013 pada saat awal pelaksanaan dan penerapan di sekolah sasaran untuk tahun lalu.

Semuanya sama. Bedanya pada tahun lalu hanya sekolah tertentu saja atau sekolah sasaran yang akrab disebut sekolah favorit yang mendapatkan buku kurikulum baru. Untuk tahun ini semua sekolah se-Batam dipastikan mendapatkan atau menggunakan buku kurikulum baru.

"Tak ada bedanya sama sekali, baik penerapan maupun isi atau materi buku kurikulum baru. Tetap sama, buku kurikulum baru yang didapat dari pusat langsung ke seluruh sekolah untuk tahun ini kan merupakan buku kurikulum baru 2013 yang tahun lalu belum sempat terdistribusi semua ke seluruh sekolah di Batam," ujar Kadisdik Batam yang sudah menjabat dua periode berturut-turut ini.

Saat ini baru sekitar 70 persen buku kurikulum baru 2013 yang sudah terdistribusi di sekolah yang ada di Batam. Sedangkan sisanya masih menggunakan foto kopi yang mengkopi dari CD yang didapat sekolah atau bisa juga mendownload dari internet dan mengkopinya.

Untuk tingkatan sekolah menengah atas alias SMA dan SMK,  jurusan IPA, IPS dan bahasa, maka sistem pendidikan di SMA menjadi mirip-mirip materi kuliahan yaitu sistem SKS. Artinya akan ada mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran di SMA dalam kurikulum baru 2013 yang bersifat wajib dikelompokkan dalam dua kelompok.

Pertama yang wajib adalah pendidikan Agama, PPkN, Matematika, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Mata pelajaran wajib kedua yakni seni dan budaya, prakarya serta pendidikan jasmani, olaraga dan kesehatan.

Masing-masing pelajaran wajib memiliki alokasi waktu 2 jam pelajaran, atau total 18 jam pelajaran setiap minggunya. Mata pelajaran wajib di atas berlaku untuk kelas X, XI dan XII.

Sedangkan mata pelajaran pilihan atau disebut peminatan akademik dalam kurikulum baru 2013 terbagi dalam tiga kategori. Pertama peminatan Matematika dan Sains terdiri dari Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

SEKUPANG - Pelaksanaan pembelajaran untuk tahun ini tetap menggunakan acuan panduan pembelajaran berdasarkan kurikulum baru 2013. Menurut Kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News