Smart Dropbox, Tukar Sampah Plastik Dapat Uang

Smart Dropbox, Tukar Sampah Plastik Dapat Uang
Menteri LHK Siti Nurbaya di Pekan Lingkungan Hidup Kehutanan. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri LHK, Siti Nurbaya mengunjungi pameran Pekan Lingkungan Hidup Kehutanan (PLHK) 2018 di JCC Senayan (21/7).

Setibanya di lokasi, Menteri Siti langsung mengunjungi booth peserta pameran PLHK 2018. 

Di booth pameran Direktorat Pengelolaan Sampah, KLHK, Menteri Siti mencoba smart dropbox, yaitu sarana yang disediakan bagi konsumen untuk menukarkan sampah berupa botol plastik dengan saldo uang elektronik T-cash.

Satu sampah botol plastik dihargai 50-60 rupiah di smart dropbox ini. Konsep smart dropbox ini hasil kerjasama KLHK, Telkomsel, Alfamart, Danone dan pengembang aplikasi Smash.

Smart dropbox ini masih dalam uji coba di sekitar 80 gerai ritel Alfamart. Targetnya dalam setahun mendatang, smart dropbox ini BISA tersedia di seluruh gerai ritel Alfamart di Indonesia.

Menteri Siti kemudian melakukan interaksi bersama siswa siswi SMKN 27 Jakarta di booth Dinas Lingkungan Hidup Prov. DKI Jakarta.

SMKN 27 Jakarta ini merupakan salah satu sekolah Adiwiyata Mandiri. Di sini Menteri Siti menanyakan hal-hal yang dilakukan di sekolah kepada para siswa.

Sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri, para siswa di SMKN 27 Jakarta melakukan beberapa kegiatan.

Menteri Siti mencoba smart dropbox yaitu sarana bagi konsumen untuk menukarkan sampah berupa botol plastik dengan saldo uang elektronik T-cash.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News