SMGR Ambil Opsi Minoritas

SMGR Ambil Opsi Minoritas
SMGR Ambil Opsi Minoritas
JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) sedang mengkaji kemungkinan mengakuisisi PT Kertas Kraft Aceh (KKA). Meski bukan wilayah inti bisnis perseroan, tetapi keberadaan KKA sangat penting dalam menunjang lini bisnis perseroan. Karenanya, perseroan diperkiarakan akan mengambil posisi minuritas dalam rencana akuisisi tersebut. "Kita pertimbangkan untuk mengambil porsi minuritas. Karena memang KKA bukan masuk lini inti bisnis perseroan," tutur Dwi Sutjipto, Presiden Direktur Semen Gresik, di Jakarta belum lama ini.

 

Dwi mengatakan sebagai penunjang usaha inti perseroan, akuisisi KKA juga punya arti tersendiri. Sebab, sebagai penunjang juga tidak bisa dianggap remeh. Segala sesuatunya sebut Dwi, mesti dilakukan secara cermat dan penuh pertimbangan. Saat ini sambung Dwi, perseroan masih mengkaji rencana pembiayaan akuisisi tersebut. Sejumlah opsi untuk pembiayaan akuisisi itu juga dipertimbangkan. "Termasuk apakah nantinya akuisisi itu dilakukan secara mandiri atau menggandeng mitra," imbuh Dwi.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar mengungkapkan, PT Semen Gresik Tbk sudah menyatakan minatnya untuk menyelematkan KKA. SMGR, menurut Mustafa akan mengandeng perusahaan asal Jepang untuk keperluan tersebut. Terkait pernyataan Mustafa itu, Dwi menyatakan, masih sangat berhati-hati.

“Belum bisa mengatakan secara jelas. Kami masih mengikuti secara seksama, bagaimana operasional KKA. Untuk menggandeng mitra, perlu pengkajian lebih dalam," elaknya.Sementara Cholil Hasan, Direktur Keuangan SMGR, menyatakan tahun ini perseroan akan menghabiskan dana sekitar USD 210 juta atau 30 persen dari total capex USD 700 juta hingga 2012. Dana capex, itu akan digunakan untuk pembangunan dua pabrik baru, di wilayah Tuban dan Pangkep, Sulawesi Selatan.“Kami harap pabrik baru itu bisa beroperasi 2011. Kan pembangunannya sudah dimulai tahun lalu," tambah Cholil.

JAKARTA - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) sedang mengkaji kemungkinan mengakuisisi PT Kertas Kraft Aceh (KKA). Meski bukan wilayah inti bisnis perseroan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News