Soal Alif Tristan, Menpora: Silakan Ajukan...

Soal Alif Tristan, Menpora: Silakan Ajukan...
Menpora Imam Nahrawi. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Berita mengenai Alif Tristan, bocah 11 tahun yang memiliki skil ‎bola bagus tapi kesulitan untuk bergabung dengan akademi tim Eropa, Getafe, mendapat respons pemerintah. 

Menurut Menpora Imam Nahrawi, kendala Alif ada pada biaya izin tinggal di sana selama satu tahun. Sebab, ada regulasi FIFA soal usia muda, yang diharuskan didampingi orang tuanya.

Kami sudah berulang kali meminta datang orang tuanya, karena ada kendala diluar kemampuan mereka, yakni menyangkut izin tinggalnya. Karena izin tinggal di suatu negara itu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di sana. Kami sudah berkomunikasi dengan kedutaan dan BUMN di sana untuk membantu,” kata Imam, di kantor Kemenpora, Senin (9/5).

Menurut Imam, pihaknya menunggu pengajuan permohonan bantuan anggaran dari orang tua Alif. Dia akan berusaha membantu. Demikian juga dengan kementerian lain yang akan dihubungi agar bisa ikut membantu.

Silakan ajukan kebutuhan dananya berapa. Mungkin Kemenpora bisa bantu atau kementerian lain. Tapi, menggunakan dana APBN itu harus ada pertanggungjawaban dan tidak mudah," ungkapnya.

Meski siap membantu, Imam mewanti-wanti agar kondisi pemain yang pernah diminati akademi Ajax Amsterdam itu tidak dijadikan alat politik.

‎Saya minta Tristan jangan sampai dipolitisasi. Biarlah keahliannya dipupuk sedemikian rupa dan mungkin saja nanti kita cari model lain, untuk pembiayaannya,” tegas dia.(dkk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News