Soal Duet Ganjar-Puan, Begini Analisis Bang Pangi

Soal Duet Ganjar-Puan, Begini Analisis Bang Pangi
Pangi Syarwi Chaniago. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menyampaikan beberapa opsi pertimbangan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam menentukan calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Sebelumnya, ipar Megawati, Timur Kiemas mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani untuk menjadi capres dan cawapres.

Menanggapi hal tersebut, Pangi menilai kedua tokoh yang berasal dari PDIP itu memiliki potensi untuk berpasangan di pilpres 2024.

Mengenai formasi capres dan cawapres di antara keduanya, Pangi memperkirakan beberaapa aspek yang menjadi pertimbangan Megawati.

"Saya yakin nanti Megawati sebagai king makerveto players partai, dan remote control partai," kata Pangi kepada JPNN.com, Senin (22/11).

Pertimbangan utama yang dianggap perlu diperhatikan oleh Megawati ialah elektabilitas Ganjar dan Puan dalam beberapa tahun ke depan.

"Apakah elektabilitas Ganjar terus menanjak dan tak bakal turun? Begitu juga Puan, apakah naik atau turun tren elektabilitasnya walaupun sudah pasang baliho di mana-mana?" ujar Pangi.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu mengatakan pertimbangan lain bagi presiden kelima itu ialah kekuatan magnet elektoral di antara Ganjar dan Puan.

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menyampaikan beberapa opsi pertimbangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam menentukan capres dan cawapres yang akan diusung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News