Soal Gibran Hadiri Silatnas Desa Bersatu, TKN: Tak Ada Penyampaian Dukungan Politik

Soal Gibran Hadiri Silatnas Desa Bersatu, TKN: Tak Ada Penyampaian Dukungan Politik
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Kehadiran Cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam acara Silatnas Desa Bersatu 2023 tengah jadi sorotan. Putra sulung Presiden Jokowi itu dispekulasikan terima dukungan dari perangkat desa.

Menanggapi isu itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pun buka suara dengan beri penjelasan.

Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN, Habiburokhman menjelaskan acara Silatnas Desa Bersatu adalah acara penyampaian aspirasi dari organisasi-organisasi perangkat desa yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu.

Menurut dia, sejak penyampaian undangan, dipastikan acara tersebut tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan.

"Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami," kata Habiburokhman, dalam keterangannya, Senin, 20 November 2023.

Dia menyampaikan pihaknya paham merujuk ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. Berdasarkan aturan itu, ada larangan keras melibatkan kepala desa dalam kampanye.

Pun, menurutnya ada juga larangan bagi kepala desa untuk membuat kebijakan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan paslon selama masa kampanye.

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujarnya.

Kehadiran Cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam acara Silatnas Desa Bersatu 2023 tengah jadi sorotan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News