Soal Harga Vaksin Covid-19 Mandiri, Begini Kata Menkes Budi

Soal Harga Vaksin Covid-19 Mandiri, Begini Kata Menkes Budi
Pemerintah belum menetapkan harga batas bawah dan atas vaksin Covid-19 yang bersifat mandiri. Ilustrasi: Antara

jpnn.com, SIDOARJO - Polemik harga vaksin mandiri untuk Covid-19 bermunculan. Masyarakat mempertanyakan berapa besaran vaksin jika bisa dilakukan secara mandiri.

Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong Covid-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai.

"Jadi vaksin gotong royong atau mandiri akan dilakukan oleh BUMN Bio Farma. Dan mereka yang menentukan produsen mana yang digunakan," kata Menkes di sela melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu (27/2).

Dia mengatakan, harga vaksin mandiri atau gotong royong ini baru akan ditetapkan setelah adanya pertemuan antara pihak Bio Farma dengan produsen vaksin.

"Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut," jelas dia.

Menurut Budi, jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri.

"Kalau sudah diajukan kami akan melihat dan menentukan harganya berapa," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkeliling meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Bumi Sholawat di Sidoarjo.

Pemerintah belum menetapkan harga batas bawah dan atas vaksin mandiri. Simak selanjutnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News