Soal Kebijakan BBM, Pemerintah Masih Galau

Soal Kebijakan BBM, Pemerintah Masih Galau
Soal Kebijakan BBM, Pemerintah Masih Galau
JAKARTA - Hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kebijakan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pemerintah sedang mempertimbangkan persiapan teknis jika kebijakan yang diambil adalah penetapan dua harga.

"Apakah memungkinkan secara teknis di lapangan diberlakukan sistem dua harga itu. Kalau memang tidak memungkinkan, resikonya terlalu besar, tentu tidak mungkin itu pemerintah pilih. Kalau itu bisa dijalankan harus dengan memiliki tujuan menjaga kesehatan fiskal kita, kesehatan APBN kita," ujar Presiden di Jakarta Timur, Jumat (26/4).

Menurutnya, jika solusi lainnya adalah harus mengurangi subsidi BBM dan berpengaruh pada patokan harga bagi semua kalangan, maka rakyat yang kurang mampu wajib mendapatkan bantuang langsung dan proteksi sosial. Presiden berharap kebijakan yang akan diambil nantinya tidak membawa dampak buruk bagi masyarakat. Meski berbicara panjang lebar terkait harapan baik dari kebijakan itu, Presiden tak kunjung menyampaikan waktu yang tepat untuk mengumumkan keputusan itu.

"Itu lah opsi-opsi yang tersedia. Saya akan putuskan dalam waktu dekat setelah tim laporkan secara resmi pada saya hasil pengujian di lapangan, penyiapan atas implementasi dari opsi-opsi yang ada," tandas Presiden.(flo/jpnn)

JAKARTA - Hingga saat ini pemerintah belum memutuskan kebijakan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News