Soal Pajak Pulsa, Simak Baik-baik Penjelasan Stafsus Menkeu

Soal Pajak Pulsa, Simak Baik-baik Penjelasan Stafsus Menkeu
PMK 06/2021 terkait pajak pulsa, voucer, token listrik. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.03/2021 terkait pemungutan pajak atas penjualan pulsa/kartu perdana, voucer, dan token listrik, menuai polemik.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menyatakan PMK tersebut menguntungkan publik dan negara karena memberikan kepastian hukum dan pemungutan disederhanakan.

“Jadi sesungguhnya tak perlu terjadi polemik dan kontroversi. Ini hal yg biasa, bahkan menguntungkan publik dan negara,” katanya dalam cuitan di akunnya di twitter @prastow, Sabtu (29/1).

Dalam cuitan itu, Yustinus terlebih dahulu menjelaskan sejarah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas jasa telekomunikasi yang mengalami perkembangan pesat mulai sarana transmisinya dari kabel berubah ke voucer fisik dan kini serba elektronik.

Yustinus menjelaskan PPN atas jasa telekomunikasi sudah terutang PPN sejak UU Nomor 8 tahun 1983 atau sejak terbit Peraturan Pemerintah 28 tahun 1988 yang spesifik mengatur PPN jasa telekomunikasi.

Jika dulu pemungut PPN jasa telekomunikasi, lanjut dia, hanya dilakukan Perumtel, kini seiring kecanggihan teknologi, seluruh provider penyedia jasa telekomunikasi memungut PPN.

“Mekanismenya normal, PPN dipungut di tiap mata rantai dengan PPN yang dibayar dapat dikurangkan, yang disetor selisihnya,” imbuhnya.

Namun, timbul permasalahan di lapangan di distributor dan pengecer terutama menengah-kecil yang sulit menjalankan kewajiban karena secara administrasi belum mampu sehingga terjadi perselisihan dengan Kantor Pajak.

Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo menjelaskan soal Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6/PMK.03/2021 terkait pajak pulsa, voucer, token listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News