Soal Pernyataan Menag, Ketum KNPI Sebut Konteksnya Motivasi dan Apresiasi

Soal Pernyataan Menag, Ketum KNPI Sebut Konteksnya Motivasi dan Apresiasi
Noer Fajrieansyah (depan). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah menyebut tak ada yang salah dengan ucapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut.

Menurut Fajrie -sapaan dia-, apa yang disampaikannya di forum internal, bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan.

"Itu forum internal NU, kan sudah jelas maksudnya untuk memotivasi para santri," ujar Fajrie melaui keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (26/10).

Fajrie menegaskan bahwa publik harus ingat kalau semenjak ditetapkannya hari santri menjadi hari nasional, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua santri, alumni pesantren, para kiai, dan tentunya bangsa negara.

"Perjuangan para para santri dan kiai pun sudah sewajarnya mendapat apresiasi dari negara. Ini yang saya lihat dari pernyataan Menag, konteksnya lebih kepada apresiasi dan motivasi," kata mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sambutan Gus Yaqut di forum internal NU dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) viral dan menuai kontroversi.

Ketika itu, Gus Yaqut mengatakan kalau Kementerian Agama adalah hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Fajrie yakin semua tokoh pun ketika diundang di sebuah forum internal, akan mengatakan hal yang sama. Tinggal bagaimana dilihat sikap dan terobosannya.

Ketum DPP KNPI Noer Fajrieansyah menyebut tak ada yang salah dengan ucapan Menag Gus Yaqut soal NU.