Soal Polusi di Jakarta, Pengendara Harus Paham Dampak Negatif yang Ditimbulkan

Soal Polusi di Jakarta, Pengendara Harus Paham Dampak Negatif yang Ditimbulkan
Polusi udara. Foto dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Ilmu Lingkungan Hidup Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi mengatakan pengguna kendaraan pribadi belum begitu mengerti terhadap dampak negatif yang dihasilkan dari perilakunya.

Menurutnya, beberapa eksternalitas negatif bisa dihasilkan dari penggunaan kendaraan pribadi dan industri, yaitu polusi udara yang bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Saat ini, sektor transportasi masih tercatat menempati urutan tertinggi penyumbang polutan di Jakarta.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan sumber polusi udara di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya berasal dari kendaraan dengan kontribusi 44%.

“Ada negative externalities atau eksternalitas negatif yang merupakan konsekuensi negatif dari aktivitas ekonomi (konsumsi atau produksi) pada pihak ketiga yang tidak terkait. Untuk itu, penting kiranya publik sadar betul terkait negative externalities tersebut," tutur Sudharto.

Pada tingginya kesadaran masyarakat akan negative externalities, Sudharto mencontohkan, ada di Provinsi Bali saat perayaan hari raya Nyepi.

Saat Nyepi, masyarakat di Bali dilarang ada yang melakukan aktivitas, apalagi berkendara dengan kendaraan bermotor.

“Saat itu polusi udara di Bali sangat rendah,” kata Sudharto.

Beberapa eksternalitas negatif bisa dihasilkan dari penggunaan kendaraan pribadi dan industri, yaitu polusi udara yang bisa berakibat fatal pada kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News