Soal Temuan Tumpukan Minyak Goreng, Eko Patrio Minta Ada Langkah Lanjutan

Soal Temuan Tumpukan Minyak Goreng, Eko Patrio Minta Ada Langkah Lanjutan
Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio meminta Kemendag dan Satgas Pangan menindaklanjuti temuan tumpukan minyak goreng. Ilustrasi: Humas Polda Sumut for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio meminta Kemendag dan Satgas Pangan tidak hanya berhenti dengan membongkar penimbunan demi menyelesaikan tingginya harga minyak goreng di Indonesia.

"Tidak hanya berhenti dalam melakukan sidak atau menemukan penimbunan, tetapi bisa segera melakukan evaluasi mengapa hal ini (harga minyak melonjak, red) bisa terjadi," kata legislator Fraksi PAN itu melalui layanan pesan, Senin (21/2).

Eko menduga pihak distributor terlanjur membeli dengan harga lama yang masih mahal dari produsen sehingga menimbun minyak.

Jika hal itu terjadi, kata dia, kebijakan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO) untuk produk turunan sawit biodiesel perlu dievaluasi.

"Jika produsen masih menjual dengan harga mahal ke distributor, bisa jadi kita melihat kebijakan DMO-DPO ini perlu dievaluasi," beber Eko.

Sebelumnya, Satgas Pangan Sumatera Utara menemukan tumpukan minyak goreng di sebuah gudang di Kabupaten Deli Serdang.

Jumlah minyak goreng yang ditemukan oleh Satgas Pangan gabungan dari Pemprov Sumut dan Polda Sumut itu mencapai 1,1 juta kilogram. 

"Hari ini, kami melakukan sidak ke satu produsen minyak goreng. Semalam kami ke pasar-pasar untuk melihat ketersediaan minyak goreng dan ternyata beberapa kosong," ujar Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumut Naslindo Sirait, Jumat (18/2). 

Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio meminta Kemendag dan Satgas Pangan tidak hanya berhenti dengan membongkar penimbunan demi menyelesaikan tingginya harga minyak goreng di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News