Soal Tourism Fund, Sanggam Hutapea Ingatkan Kesiapan Destinasi Wisata

Soal Tourism Fund, Sanggam Hutapea Ingatkan Kesiapan Destinasi Wisata
Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mendukung penuh rencana pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan dana pariwisata (Indonesia Tourism Fund) untuk penyelenggaraan agenda dan promosi pariwisata dalam rangka meningkatkan citra Indonesia di mata dunia.

Namun, sebelum merealisasikan rencana itu, Sanggam Hutapea menilai akan lebih baik jika Kemenparekraf terlebih dahulu melihat kesiapan destinasi-destinasi wisata yang akan dipromosikan.

Hal ini perlu, sebab bila destinasi wisata yang dipromosikan tidak memenuhi standar seperti kelengkapan sarana dan prasarana akan membuat wisatawan kecewa dan tentu sasaran promosi yang dicapai tidak berhasil.

“Saya mendukung penuh rencana pengadaan dana pariwisata untuk penyelenggaraan agenda dan promosi pariwisata, tetapi sebelum melakukan promosi akan lebih baik diukur dulu kesiapaan destinasi wisata yang kita miliki. Kemudian dirumuskan produk yang akan ditawarkan kepada wisatawan,” ujar Sanggam Hutapea di Jakarta, Kamis (11/1/2024). 

Menurut Sanggam Hutapea, masih banyak yang harus dibenahi di destinasi wisata yang saat ini pengembangan dan pembangunannnya di pacu pemerintah.

Katakanlah yang di 5 destinasi wisata super prioritas, yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Dia mencontohkan di destinasi wisata Danau Toba, danau yang terbentuk dari letusan gunung Toba yang mahadahsyat sekitar 70.000 tahun lalu, pengembangan dan pembangunan tampaknya belum menyentuh keseluruhan kawasan itu.

Akibatnya wisatawan yang datang ke Danau Toba cepat merasa bosan karena hanya menikmati keindahan alam saja.

Sanggam Hutapea mendukung penuh rencana pemerintah melalui Kemenparekraf menyiapkan dana pariwisata (Indonesia Tourism Fund).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News