Sodik Mudjahid: Generasi Muda Harus Bangga Memiliki Pancasila

Sodik Mudjahid: Generasi Muda Harus Bangga Memiliki Pancasila
Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gedung Nusantara V. Foto : Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota MPR RI Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan seluruh rakyat Indonesia terutama para generasi muda bangsa harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber Sosialisasi Empat Pilar MPR yang dipandu moderator Plt. Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi Biro Humas Setjen MPR RI Budi Muliawan,

“Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia mesti bangga, sebab Pancasila mampu menjadi perekat yang kuat seluruh bangsa Indonesia yang sangat beragam. Pancasila mampu membawa seluruh bangsa Indonesia berbicara dan berbuat dengan tujuan persatuan dan kesatuan bersama dalam wadah NKRI,” katanya.

Acara ini dihadiri seratus lebih peserta mahasiswa dan mahasiswi serta dosen pendamping Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Bandung, Jawa Barat, di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/11).

Pancasila, lanjut Sodik, menjadi begitu istimewa dan khas karena bangsa-bangsa di dunia hanya mengenal dua aliran ideologi yang satu sama lain saling bertolak belakang.

Yakni, negara-negara yang berpaham ‘kanan’ yang mengambil agama sebagai landasan ideologi dan hukum seperti Arab Saudi dan Vatikan.

Lalu ada negara berpaham ‘kiri’ atau sekuler yang tidak membawa nilai-nilai agama sama sekali dalam ideologinya dan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegaranya.

“Sedangkan Indonesia memiliki Pancasila. Dengan Pancasila, Indonesia ada di tengah-tengah, tidak kanan dan tidak pula kiri. Inilah yang membuat Pancasila begitu sangat unik dan khas. Di dalam Pancasila terdapat berbagai nilai seperti nilai-nilai agama. Bukan hanya satu agama tapi lebih dari satu agama dan banyak kepercayaan serta adat istiadat. Lalu ada nilai kemanusiaan, budaya yang semuanya sangat lengkap dan saling melengkapi,” terangnya.

Pancasila digali dari nilai-nilai agama dan adat budaya di Indonesia yang patut dibanggakan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News