Soedarmo: Kualitas Pemilu Bagian Proses Penguatan Demokrasi

Soedarmo: Kualitas Pemilu Bagian Proses Penguatan Demokrasi
Dirjen Polpum Kemendagri Mayjen Soedarmo di acara Dialog Politik di Hotel Grand Q, Gorontalo, Senin (18/9). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Direktorat Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri gencar menggelar dialog politik di sejumlah daerah.

Hari ini (18/9), dialog politik berlangsung Provinsi Gorontalo dengan mengusung tema Memperkuat Peran Masyarakat dalam Menyongsong Agenda Demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2019.

Acara di Hotel Grand Q, Gorontalo, ini langsung dibuka Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo, sekaligus sebagai pembicara utama.

Hadir juga Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Ir. Winarni Dien Monoarfa, MS, Direktur Politik Dalam Negeri DR.Bahtiar M.Si, Unsur Muspida, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi/Kabupaten/Kota, Jajaran Pejabat Eselon II, III dan IV Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo dan Akademisi, Dr. Udin Hamin.

Hadir juga perwakilan Pengurus Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh masyarakat/Tokoh Agama, Pemuda, dan Mahasiswa/Pelajar sebanyak 300 orang.

Dalam sambutannya Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo menyampaikan upaya memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Sehingga dengan demikian, proses demokratisasi dapat tetap berlangsung melalui Pemilu yang lebih berkualitas dan pada saat yang bersamaan proses demokratisasi berjalan dengan baik, terkelola, dan terlembaga,” ujar pria berpangkat mayjen TNI itu.

Salah satu bagian terpenting dari sebuah proses Pemilu, lanjutnya, adalah peran dan partisipasi masyarakat.

Dirjen Polpum Kemendagri Soedarmo mengatakan, proses demokratisasi dapat tetap berlangsung melalui Pemilu berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News