Solidaritas terhadap Rohingya, Puluhan Siswa Salat Gaib

Solidaritas terhadap Rohingya, Puluhan Siswa Salat Gaib
Usai salat gaib dan doa bersama, siswa MTs/MA Maarif 1 Ponorogo membaca pernyataan solidaritas untuk Rohingya. Foto: Asta Yanuar/Radar Ponorogo/JPNN.com

jpnn.com, PONOROGO - Puluhan siswa MTs/MA Ma’arif 1 Ponorogo, Jatim, menggelar salat gaib, doa bersama dan pembacaan pernyataan solidaritas terhadap etnis Rohingnya, kemarin (5/9).

Aksi dilaksanakan di Masjid Al Jariyah, Jarakan, Banyudono. ‘’Kami sedih, karena di sana banyak manusia tak berdosa yang menjadi korban,’’ kata Ahmad Ainun Zefa Zahari, salah seorang siswa.

Pengurus OSIS MTs Ma’arif 1 Ponorogo itu menjelaskan, dirinya tahu tragedi tersebut setelah membaca berita di koran. Dia merasa prihatin atas terjadinya tragedi kemanusiaan itu.

Karena itu, dia bersama siswa lainnya mengikuti kegiatan doa bersama dan salat gaib. ‘’Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas kami terhadap para korban,’’ jelasnya.

Para pelajar berharap pemerintah dan PBB ikut turun tangan mendorong penegakan keadilan masyarakat etnis Rohingnya di Myanmar.

Dia menilai tragedi tersebut melanggar hak asasi manusia (HAM). ‘’Kami sebagai pelajar hanya bisa mendoakan. Dan seharusnya pemerintah bertindak,’’ ungkapnya.

Murdianto, salah seorang pengurus yayasan menjelaskan, doa bersama dan salat gaib bukan sebagai aksi unjuk rasa. Tapi, masih dalam konteks pembelajaran kepada siswanya siswanya di sekolah tentang kemanusiaan.

‘’Ini bentuk kontribusi kami untuk tragedi tersebut, di samping juga menanamkan rasa kepedulian sosial kepada anak-anak,’’ terangnya.

Sejumlah siswa salat gaib untuk mendoakan korban tragedi kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News