Somasi RBT

Oleh: Dahlan Iskan

Somasi RBT
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - "SANDRA DEWI belum bisa jenguk suami," tulis media.

Berarti penahanan ini serius sekali. Agar sang suami, Harvey Moeis, tidak bisa kontak dengan siapa pun. Termasuk dengan teman-teman usahanya.

Bintang film setenar dan secantik Sandra Dewi pun tidak dapat dispensasi. Berarti betapa penting penahanan Moeis.

Baca Juga:

Rupanya pengakuan Moeis soal korupsi timah Rp 271 triliun sangat diperlukan oleh Kejaksaan Agung. Terutama untuk bisa menjerat pelaku lain yang lebih tinggi. Juga untuk mengungkap sisi non-lingkungan kasus megakorupsi ini.

Tentu Kejaksaan Agung harus bisa mengungkap sisi korupsi yang nonkerusakan lingkungan. Yang sampai sekarang belum pernah diungkapkan.

Padahal, tanpa mengungkap korupsi non-lingkungan perkara menjadi kurang terasa ''korupsi".

Baca Juga:

Kalau korupsinya 'hanya' sebatas kerusakan lingkungan maka akan banyak pertanyaan: mengapa perusak lingkungan yang lain tidak ditangkap. Dengan tuduhan korupsi yang sama. Lalu betapa banyak yang harus ditangkap dengan tuduhan korupsi.

Dengan penahanan ketat itu rasanya tidak perlu ada yang ragu kasus terbesar dalam sejarah republik ini akan menguap begitu saja. Bahwa yang nonkerusakan lingkungan belum diungkapkan mungkin masih perlu memperkuat bukti

Rupanya pengakuan Moeis soal korupsi timah Rp 271 triliun sangat diperlukan oleh Kejaksaan Agung. Terutama untuk bisa menjerat pelaku lain yang lebih tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News