Sopir Vanessa Angel Diduga Mengantuk, Begini Penjelasan Pakar Safety 

Sopir Vanessa Angel Diduga Mengantuk, Begini Penjelasan Pakar Safety 
Penampakan mobil yang ditumpangi Vanessa Angel usai kecelakaan. Foto: PJR Polda Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Kecelakaan maut yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri 'Bibi' Andriansyah, diduga karena sang sopir dalam keadaan mengantuk.

Kasat PJR Ditlantas Polda Jawa Timur AKBP Dwi Sumrahadi mengatakan hasil dari investigasi Satlantas Polres Jombang pengemudi mengantuk dan hilang konsentrasi.

"Kendaraan menabrak beton pembatas kiri ruas tol dikarenakan pengemudi mengantuk," ujar Dwi tertulis, Kamis (4/11).

Founder and Lead Instructor in Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu pun menduga sopir yang membawa lima orang penumpang itu mengantuk saat di perjalanan.

Sebab, jalan bebas hambatan itu cenderung memiliki jalur yang monoton sehingga membuat pengendara mudah bosan dan cepat lelah.

"Keletihan fisik pemicunya perjalanan panjang, atau situasi monoton. Itu sering terjadi di tol. Sehingga kecepatan mobil yang dikendarai sopir konstan," ungkap Jusri saat dihubungi JPNN.com, Kamis (4/11).

Selain itu, dia menjelaskan tanda awal mengantuk dan lelah saat berkendara, yakni otak mulai tidak bisa mencerna sesuatu yang dilihat.

"Nah, ketika kita mengalami keletihan fisik, maka konsentrasi pengemudi kemampuan sopir akan menurun seperti sulit untuk mencerna sesuatu dan juga memperlambat respons dan motorik," tuturnya.

Pakar Safety Driving menjelaskan tanda-tanda pengemudi mobil mengantuk saat berkendara di jalan bebas hambatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News