Soroti Dana Awal Kampanye Timnas AMIN Hanya Rp 1 M, Advokat LISAN Merespons Begini

Soroti Dana Awal Kampanye Timnas AMIN Hanya Rp 1 M, Advokat LISAN Merespons Begini
Pasangan AMIN mencantumkan dana kampanye hanya Rp 1 miliar dan berasal dari sumbangan pribadi. Dana kampanye itu dinilai justru kontras dengan kenyataan di lapangan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis jumlah dana awal kampanye Capres-Cawapres 2024.

Terlihat gap yang sangat jauh, antara pasangan Capres dan Cawapres Prabowo - Gibran dan Ganjar - Ma’ruf yang di atas dua digit, dengan Anies dan Muhaimin Iskandar (AMIN) yang hanya Rp 1 miliar.

Pasangan ini hanya mencantumkan angka Rp 1 miliar tersebut hanya berasal dari sumbangan pribadi. Dana kampanye justru kontras dengan kenyataan di lapangan.

Menurut M Fikri Thamrin, anggota Advokat Lingkar Nusantara (LISAN) sebagai pelapor, dari biaya pesawat jet pribadi dan sewa kantor tim sukses di area Menteng saja sudah cukup tinggi.

“Bila kita coba hitung secara kasar, biaya sewa kantor mewah di area elit, pesawat jet pribadi untuk kegiatan kampanye ke 38 provinsi, serta baliho, apa mungkin cukup dengan hanya satu miliar rupiah?” ucap Thamrin.

Pihaknya telah melaporkan ke Bawaslu akan adanya dugaan manipulasi data dana awal kampanye pada hari ini (22/12).

Menurut Ketua Umum Lingkar Nusantara (LISAN), Hendarsam Marantoko, dana kampanye timnas AMIN terbilang tidak masuk akal.

“Kalau pakai bahasa anak Gen-Z zaman sekarang, sepertinya angka tersebut di luar nurul,” ucap Hendarsam.

Anggota Advokat Lingkar Nusantara (LISAN) M Fikri Thamrin menilai dana kampanye paslon Amin sebesar Rp 1 miliar kontras dengan kenyataan di lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News