Sosialisasi 4 Pilar Penting demi Kepribadian Bangsa

Sosialisasi 4 Pilar Penting demi Kepribadian Bangsa
Ilustrasi Pancasila. Foto: JPNN

jpnn.com, SUMEDANG - Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad) Mumuh Muhsin Zakaria menilai saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami kondisi darurat.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sudah menjauh dari masyarakat.

"Bahkan perilaku para generasi bangsa sudah tidak Pancasila lagi dan yang lebih parah lagi belakangan ini ada yang menjadikan Pancasila sebagai alat untuk menggebuk masyarakat lain," ujar Mumuh di Sumedang, Sabtu (16/12).

Karena itu Mumuh sangat memyambut baik langkah MPR gencar melakukan sosialisasi empat pilar. Seperti yang dilaksanakan di Universitas Padjajaran, Sumedang, Jumat (15/12) kemarin.

Sosialisasi diikuti sekitar 400 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan sejumlah dosen. Hadir antara lain Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Mumuh Muhsin Zakaria, Ketua Program Studi (Prodi) Sastra Arab Universitas Padjadjaran Titin Nurhayati Makmun, Ketua Asosiasi Nasyid Nusantara Hendra Gunawan dan Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR Muhammad Iqbal.

Pandangan senada juga dikemukakan Ketua Prodi Sastra Arab Unpad Titin Nurhayati Makmun. Menurutnya, pemahaman nilai-nilai luhur sangat penting untuk membentuk kepribadian bangsa, sehingga bisa memilih mana pengaruh baik dan mana yang buruk.

"Anak bangsa penting mengenal, mencintai kembali, serta mengimpelementasikan empat pilar dalam kehidupan sehari-hari. Karena bangsa kita sedang digempur habis-habisan oleh pengaruh negatif yang berpotensi merusak persatuan di Indonesia," pungkas Titin.(gir/jpnn)


Perilaku para generasi bangsa sudah tidak Pancasila lagi dan yang lebih parahnya belakangan ini ada yang menjadikannya sebagai alat untuk menggebebuk masyarakat


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News