Sosialisasi Empat Pilar, Gelar Wayang Kulit

Sosialisasi Empat Pilar, Gelar Wayang Kulit
Wayang Kulit. Foto: ilustrasi/dok.JPNN

jpnn.com - BANYUMAS – Ratusan warga Banyumas menyaksikan pagelaran wayang kulit di Lapangan Taman Kota Wangon, KabupatenBanyumas, Jawa Tengah pada uUmat (26/2) malam.

Acara dalam rangka perayaan HUT ke-445 Tahun Kabupaten Banyumas, yan digelar MPR RI bekerjasama dengan Pemerintah KabupatenBanyumas, sebagai sarana menyosialisasikan Empat Pilar berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang KiYakut Jedher dan Ki Bagas Kriswanto dengan lakon ‘Mbangun Taman Maerokoco’

Hadir di acara tersebut pejabat di jajaran Banyumas mulai dari Bupati Achmad Husein, Kapolres, Dandim, hingga para Camat, Kepala Desa turut hadir pada acara tersebut. Selain itu sejumlah anggota MPR RI juga terlihat hadir. Mereka adalah, Hj. Novita Wijayanti, SE., MM.(Fraksi Gerindra di MPR), Drs. Mohamad Toha, M.Si., (Fraksi PKB di MPR), M. Martri Agoeng, SH. (Fraksi PKS di MPR), dan Achmad Mustaqim, SP., MM. (Fraksi PPP di MPR).

Sekretaris Jenderal MPR RI. Ma’ruf Cahyono, SH., MH. saat menyampaikan kata sambutan mengucapkan selamat kepada Kabupaten Banyumas yang merayakan hari jadinya ke-445. Disampaikan bahwa pagelaran wayang kulit merupakan salah satu metode Sosialisasi 4 Pilar. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

"Mari kita saksikan pagelaran wayang kulit ini, terus jaga dan laksanakan nilai-nilai luhur bangsa," tegas putra asal Banyumas itu.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya menyatakan, sosialisasi melalui wayang sangat strategis. Apalagi masyarakat Banyumas sangat menyenangi kesenian wayang. "Mudah-mudahan pagelaran wayang Empat Pilar ini membuat masyarakat Banyumassemakin memahami makna Empat Pilar," ujarAchmad Husein.

Mewakili Pimpinan MPR RI, anggota fraksi PPP di MPR RI Achmad Mustaqim dalam sambutannya dan sekaligus membuka pagelaran wayang ini mengucapkan terima kasih pada Sekretariat MPR RI yang telah menggelar pagelaran wayang kulit ini.

Diharapkan dengan sosialisasi Empat Pilar masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai luhur berbangsa dan bernegara. (jas/sam/jpnn)

 


BANYUMAS – Ratusan warga Banyumas menyaksikan pagelaran wayang kulit di Lapangan Taman Kota Wangon, KabupatenBanyumas, Jawa Tengah pada uUmat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News