Inikah Kuda Hitam Calon Pengganti Edhy Prabowo di KKP?

Inikah Kuda Hitam Calon Pengganti Edhy Prabowo di KKP?
Deputi Bidang Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Safri Burhanuddin (kanan). Foto: Dok. Humas Kemenko Maritim dan Investasi

jpnn.com, JAKARTA - Ingar bingar tentang figur calon menteri kelautan dan perikanan (KP) definitif pengganti Edhy Prabowo terus menjadi sorotan publik saat ini.

Sejumlah nama mulai bermunculan di media massa beberapa hari terakhir terkait siapa calon orang nomor satu di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut.

Di antara nama yang muncul ada Susi Pudjiastuti yang pernah menempati jabatan sama. Ada pula politisi, aktivis nelayan serta akademisi dari berbagai kampus yang juga mewarnai bursa calon  nakhoda baru KKP.

Saat ini jabatan Menteri KP Ad Interim dipegang oleh Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut B Panjaitan.

Di luar beberapa nama tersebut ada satu nama yang kerap dilupakan publik namun bisa menjadi kuda hitam dalam kandidat pilihan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri KP. Dia adalah Deputi Bidang Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, Safri Burhanuddin.

Sebagai orang yang berpengalaman di bidang kelautan dan perikanan, pria kelahiran Makassar tahun 1961 itu patut dipertimbangkan menjadi Menteri KP.

Mantan Ketua Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) Renaldi Bahri Tambunan mengatakan Safri merupakan sosok yang tepat untuk menjalankan visi Presiden Jokowi di sektor kelautan dan perikanan.

“Pos Menteri Kelautan dan Perikanan harus diisi oleh orang yang berpengalaman dan mengerti betul soal kelautan dan perikanan. Kriteria itu sangat diperlukan untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia dan Pemulihan Ekonomi Nasional khususnya di bidang sumber daya kelautan kita,” ucap Renaldi dalam keterangannya, Senin (30/11).

Ingar bingar siapa Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) definitif pengganti Edhy Prabowo terus menjadi sorotan publik saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News