Sosok Probosutedjo di Mata Gatot Nurmantyo

Sosok Probosutedjo di Mata Gatot Nurmantyo
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo datang melayat ke rumah almarhum Probosutedjo di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/3). Gatot mengaku ikut berdukacita atas meninggalnya adik Presiden Kedua RI Soeharto itu.

“Beliau ini anaknya lurah Kemusuk (di Bantul, Yogyakarta, red). Beliau akan dimakamkan di tempat bapaknya,” kata Gatot di rumah almarhum.

Gatot menjelaskan, Probosutedjo adalah anak pahlawan. Ada jasa besar ayah Probo saat melindungi Pak Harto.

“Bapaknya adalah korban yang dibunuh oleh Belanda karena melindungi Pak Harto pada saat perjuangan. Jadi beliau adalah anak pahlawan,” sambung tentara yang digadang-gadang maju di Pilpres 2019 ini.

Lebih lanjut Gatot menilai Probosutedjo tak sebatas sebagai pengusaha. Dalam catatan Gatot, tokoh kelahiran Bantul, 1 Mei 1930 itu merupakan pembangun bangsa.

“Beliau sosok yang mengabdikan dirinya. Banyak sekolah-sekolah dibangun oleh beliau ini,” kata dia.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu mengaku jarang bertemu Probo sejak pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) itu sakit. Namun, Gatot selalu mengenang pesan dan nasihat Probo.

“Terakhir ketemu dua atau tiga tahun lalu. Beiau hanya menyampaikan sebagai orang harus bersabar dan bisa berbuat untuk banyak orang,” ucap Gatot.(mg1/jpnn)


Gatot Nurmantyo punya penilaian tersendiri tentang sosok Probosutedjo. Gatot menyebut Probo bukan sekadar pengusaha, tapi juga pembangun Indonesia.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News