Sosok Sederhana Garda Terdepan Memerangi Korupsi Itu Ditangkap KPK

Sosok Sederhana Garda Terdepan Memerangi Korupsi Itu Ditangkap KPK
Penyidik KPK menunjukan barang bukti Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat memberikan keterangan pers, di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (27/5). Foto: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - KPK menangkap Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Sugito.

Menteri Desa Eko Putro Sandjojo langsung kaget. Politikus PKB itu seolah masih tak percaya Sugito terjaring OTT KPK karena diduga menyuap auditor BPK.

Sebab, Sugito selama ini menjadi partnernya dalam menjalankan program antikorupsi di kementeriannya.

“Pak Sugito itu selama ini ada di garda terdepan dalam memerangi korupsi di kementerian ini, banyak dimusuhi orang-orang tidak benar,” ujar Eko saat ditemui di kantornya kemarin (27/5).

Menurut Eko, sebagai Irjen, Sugito punya banyak inovasi. Diantaranya menginisasi program Agen Perubahan Birokrasi.

Ironi kian menyeruak karena Sugito adalah orang yang membentuk sekaligus memimpin Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di internal Kemendesa. “Makanya saya kaget sekali (dia terjerat kasus korupsi),” katanya.

Eko menambahkan, selama Sugito menjadi Irjen, indeks akuntabilitas kinerja Kemendes naik dari kategori C ke B.

Rating serapan anggaran juga membaik dari rangking 78 dari total 86 Kementerian dan Lembaga (KL) menjadi rangking 15 pada tahun 2016.

KPK menangkap Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Sugito.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News