Spanduk #2019GantiPresiden Terbentang di Tanah Suci

Spanduk #2019GantiPresiden Terbentang di Tanah Suci
Jemaah haji yang diklaim berasal dari Majalengka membentangkan spanduk #2019GantiPresiden di Tanah Suci. Foto: Facebook

jpnn.com - Di tahun politik ini tidak ada yang lepas dari politisasi. Bahkan ibadah haji pun dimanfaatkan untuk kampanye politik. Baru-baru ini beredar sebuah foto di dunia maya yang memperlihatkan sejumlah jemaah haji asal Indonesia membentangkan spanduk #2019GantiPresiden di Tanah Suci.

Dalam unggahan tersebut terdapat dua foto sekelompok orang berpakaian haji membentangkan spanduk #2019 Ganti Presiden. Selain spanduk, dalam salah satu foto terlihat seorang laki-laki mengenakan kaus dengan tulisan yang sama.

Belum diketahui jamaah haji mana yang berani membentangkan spanduk tersebut. Namun, dalam caption foto itu, dijelaskan jamaah haji itu asal Kabupaten Majalengka.

"Ini merupakan foto rombongan haji Majalengka. Saat jamaah tiba di lokasi tujuan ziarah di Jabal Uhud, Madinah Al Munawarah, Saudi Arabia." Demikian isi caption foto yang tersebar di Facebook tersebut.

Namun, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kabupaten Majalengka Kiki Basuki mengatakan bahwa rombongan jamaah haji asal daerahnya masih di Mekah bukan di Madinah.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyaranka persoalan tersebut ke Bawaslu Jawa Barat. "Silakan konfirmasi ke Bawaslu Jabar," katanya.

Sedangkan salah satu Komisioner Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan, meminta kepada seluruh elemen masyarakat tetap menjaga suasana iklim kondusif di tengah masyarakat. Terlebih jemaah haji seharusnya fokus dalam melak­sanakan ritual ibadah kepada Allah Swt.

"Memang itu ada hak konstitusional warga, namun alangkah eloknya agar tetap menjaga suasana kondusif dan tidak mencampurkan adukan urusan ibadah dengan isu politik," katanya.

Sekarang tidak ada yang lepas dari politisasi. Bahkan ibadah haji pun dimanfaatkan untuk kampanye politik. Itulah yang dilakukan pendukung 2019GantiPresiden

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News