JPNN.com

Spanyol Tembus Final Piala Dunia FIBA 2019 Lewat 2 OT Lawan Australia

Jumat, 13 September 2019 – 18:50 WIB Spanyol Tembus Final Piala Dunia FIBA 2019 Lewat 2 OT Lawan Australia - JPNN.com
Bintang Spanyol Marc Gasol (kiri) menghalangi motor Australia Patty Mills. Foto: fiba

jpnn.com, BEIJING - Spanyol menjadi finalis pertama Piala Dunia FIBA 2019 setelah mengatasi Australia dengan skor 95-88 dalam laga di Beijing, Jumat (13/9) malam WIB. Duel Spanyol vs Australia ini diwarnai dua kali overtime alias babak waktu tambahan.

Kelengahan sempat mendera Spanyol pada kuarter kedua, membuat mereka tertinggal 32-37 kala menyudahi paruh pertama. Kerja keras Spanyol berhasil mengantarkan mereka unggul 71-70 pada sisa waktu delapan detik kuarter keempat.

Ironisnya, kerja keras itu hampir terbuang percuma, lantaran pelanggaran yang dilakukan oleh Victor Claver berbuah dua lemparan bebas untuk Australia pada sisa waktu empat detik kuarter keempat.

Kesempatan lemparan bebas pertama berhasil dilesakkan Patty Mills, skor berubah 71-71, dan Australia hanya berjarak satu kesempatan dari final pertama mereka di Piala Dunia FIBA. Namun, nasib berkata lain, tembakan Mills meleset dan diamankan oleh Ricky Rubio memaksa kedua tim melakoni overtime.

Mills sukses melesakkan dua lemparan bebas pada sisa waktu 14 detik masa overtime pertama untuk membawa Australia unggul 80-78, tetapi Marc Gasol yang juga memperoleh dua lemparan bebas usai dilanggar Matthew Dellavedova pada sisa waktu empat detik juga sukses mengkonversinya demi mengubah skor 80-80 dan laga dilanjutkan lagi ke overtime kedua.

Spanyol satu langkah di depan Australia memasuki overtime kedua. Mereka berhasil unggul jauh 90-82 pada sisa waktu dua menit 25 detik, antara lain berkat dua tripoin Sergio Llull serta alley oop Gasol menuntaskan umpan Rubio. Sejak itu, Spanyol selalu memegang keunggulan dan akhirnya menyudahi perlawanan Australia 95-88 serta memastikan satu tempat di partai final.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...