JPNN.com

Ukir Rekor, Australia jadi Semifinalis Terakhir Piala Dunia FIBA 2019

Rabu, 11 September 2019 – 23:02 WIB Ukir Rekor, Australia jadi Semifinalis Terakhir Piala Dunia FIBA 2019 - JPNN.com
Pebasket Australia Andrew Bogut (kanan) berusaha menjaga penguasaan bola dari kawalan pemain Republik Ceko. Foto: ANTARA/AFP/Wang Zhao

jpnn.com, SHANGHAI - Australia menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Piala Dunia FIBA 2019. Tim Negeri Kanguru bergabung bersama Argentina, Spanyol dan Prancis setelah melewati adangan Republik Ceko di perempat final.

Dalam laga di Shanghai, Tiongkok, Rabu (11/9) malam WIB, Australia menang atas Ceko 82-70. Sektor tripoin jadi andalan Australia untuk mendulang angka dalam kemenangan atas Ceko, yang meski secara akurasi sedikit kalah, tetapi agresivitas di sektor itu jadi pembeda.

Mereka melepaskan 30 percobaan tripoin dan sebelas di antaranya menjadi angka, sedangkan Ceko hanya 17 kali mencoba dan mengonversi tujuh di antaranya. Patty Mills menjadi bintang kemenangan Australia lewat 26 poin dan enam assist, diikuti 14 poin milik Chris Goulding dan sepuluh poin yang dicetak Andrew Bogut. 

Hasil itu sekaligus menjadi torehan rekor pencapaian terbaik Australia di ajang Piala Dunia FIBA, setelah dalam sebelas kali penampilan sebelumnya mereka hanya bisa menempatkan diri di urutan kelima pada edisi 1982 dan 1994.

Sebaliknya, kendati kalah babak perempat final merupakan capaian positif bagi Ceko yang melakoni debut di Piala Dunia FIBA. Mereka sebelumnya pernah tampil empat kali di bawah panji Cekoslowakia hingga 1992 dengan capaian terbaik peringkat keenam edisi 1970.

Australia bakal menghadapi lawan kuat yang sama-sama belum terkalahkan, Spanyol, dalam semifinal di Beijing, Jumat (13/9), Ceko bakal bertemu dengan Polandia dalam rangkaian fase klasifikasi posisi lima hingga delapan. (gilang/ant/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...