SPBUTawarkan Bensin Nabati

SPBUTawarkan Bensin Nabati
SPBUTawarkan Bensin Nabati
JAKARTA-Beberapa pom bensin di Jakarta mulai menawarkan bahan bakar nabati (BBN). BBN yang dikenal juga dengan sebutan biofuel itu dijual Pertamina di 5% SPBU di DKI.


Direktur Pemasaran dan Perniagaan Pertamina, Ahmad Faisal, Rabu (29/10), mengatakan, untuk wilayah Jabotabek pada November mendatang juga akan diperbanyak lagi penggunaan biofuelnya menjadi 5 persen.


"Pada pertengahan November mendatang, Pertamina akan membuat bahan bakar nabati (BBN) sebanyak lima persen di kilang Cikupa, kilang Ujung Berung, dan Padalarang," ujar Faisal.


Biofuel merupakan bahan bakar yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik, atau pertanian.


Biofuel diolah dengan menggunakan pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri, dan pertanian), fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester, dan energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar). (wid)

JAKARTA-Beberapa pom bensin di Jakarta mulai menawarkan bahan bakar nabati (BBN). BBN yang dikenal juga dengan sebutan biofuel itu dijual Pertamina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News