JPNN.com

SPP Gratis untuk Seluruh Siswa SMA / SMK Negeri di Jatim

Sabtu, 15 Juni 2019 – 00:06 WIB SPP Gratis untuk Seluruh Siswa SMA / SMK Negeri di Jatim - JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Mulai tahun ajaran 2019 / 2020, seluruh siswa SMA dan SMK negeri di Jawa Timur tidak perlu membayar SPP, alias sekolah gratis.

Kebijakan itu cukup gencar disosialisasikan. Bahkan, dalam akun media sosial, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengunggah informasi tersebut. Dalam salah satu postingannya di Instagram, dia mengatakan bahwa mulai Juli, SPP semua siswa SMA dan SMK negeri di seluruh Jawa Timur gratis.

Juga ada dua setel seragam sekolah yang dibagikan untuk siswa tahun ajaran baru. Adapun untuk pelajar di SMA/SMK swasta akan mendapat subsidi SPP.

Untuk mendukung program tersebut, Pemprov Jatim sudah menyiapkan uang Rp 1,8 triliun dari APBD Jatim. Harapannya, kebijakan tersebut bisa meringankan beban masyarakat pada tahun ajaran baru 2019/2020.

BACA JUGA: PPDB 2019: Nilai UN Jangan Dijadikan Syarat Seleksi Jalur Zonasi

Tujuannya, agar tidak ada lagi generasi penerus Jatim yang tidak bisa bersekolah lantaran terkendala biaya. Pihaknya ingin seluruh anak Jatim menjadi generasi cerdas, hebat, dan berakhlak mulia.

Khofifah mengatakan, program tersebut merupakan kebijakan pendidikan gratis berkualitas (tistas). Masa berlakunya dimulai pada Juli 2019. SPP gratis tersebut berlaku untuk seluruh siswa.

Bukan hanya siswa kelas 10, tapi juga siswa kelas 11 dan 12. ”Semua siswa SMA/SMK negeri akan gratis,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...