Ssttt, Nama Calon Gubernur BI Usulan Jokowi sudah Sampai DPR

Ssttt, Nama Calon Gubernur BI Usulan Jokowi sudah Sampai DPR
Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Golkar M Misbakhun. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim surat ke Ketua DPR Bambang Soesatyo perihal nama-nama calon gubernur Bank Indonesia (BI). Usulan itu sebagai respons atas masa jabatan Agus Martowardojo sebagai orang nomor 1 di BI yang akan berakhir Mei mendatang.

Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun mengatakan, surat dari Presiden Jokowi yang dikirim oleh Sekretariat Negara itu telah diterima pimpinan DPR. "Surat bersifat rahasia sehingga yang tahu hanya ketua DPR," kata Misbakhun di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (23/02).

Kabar yang beredar menyebut ada empat nama kandidat gubenur BI. Yakni Agus Martowardojo, mantan Menteri Keuangan M Chatib Basri, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo.

Hanya saja, Misbakhun menegaskan bahwa dirinya tidak bisa memberikan informasi tentang isi surat Presiden Jokowi ke tersebut. "Saya tidak bisa memberikan konfirmasi soal nama dan soal calon tunggal atau bukan," ujarnya.

Menurutnya, surat yang masuk akan dibacakan pada rapat paripurna DPR untuk diteruskan ke Badan Musyawarah (Bamus). “Nanti akan ada penugasan ke Komisi XI guna melakukan uji kelayakan,” pungkas legislator Golkar itu.(rmo/jpg)


Presiden Jokowi mengirim surat berklasifikasi rahasia ke Ketua DPR Bambang Soesatyo. Isinya adalah usulan tentang nama calon gubernur Bank Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News