Ssttt... Polisi Konon Sudah Jerat Penilap Dana GNPF-MUI

Ssttt... Polisi Konon Sudah Jerat Penilap Dana GNPF-MUI
Ketua Bidang Advokasi GNPF-MUI Kapitra Ampera di Bareskrim Polri, Rabu (8/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Bidang Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Kapitra Ampera mengungkapkan, Bareskrim Polri telah menjerat pihak yang dianggap melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam penggalangan dana untuk Aksi 411 dan 212.

Kapitra menuturkan, ada pegawai bank yang telah menjadi tersangka dalam kasus TPPU melalui Yayasan Keadilan untuk Semua (Justice for All) itu. "Kasus dugaan TPPU GNPF MUI yang dananya disimpan melalui rekening Yayasan Keadilan untuk Semua adalah pegawai Bank BNI Syariah, Islahudin,” ujarnya dalam jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/2).

Dalam kasus itu, Bareskrim sudah memeriksa Ketua Umum GNPF-MUI Bachtiar Nasir. Bareskrim juga sudah memeriksa Sekretaris Jenderal Dewan Syuro FPI Jakarta Novel Bamukmin.

Hanya saja Kapitra mengaku belum tahu persis alasan Polri menjerat pegawai BNI Syariah sebagai tersangka kasus itu. “Kita tak mengerti kenapa  orang operator saja bisa ditetapkan sebagai tersangka," kata Kapitra saat jumla pers di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin (13/2).

Berdasar informasi yang diterima Kapitra, Bareskrim menjerat Islahudin sebagai tersangka sejak pekan lalu. “Tapi sampai saat ini saya masih dalami dan konfirmasi ke kepolisian mengenai penetapan tersangka pegawai bank itu," tambah Kapitra.

Namun, Kapitra juga memastikan Islahudin bukan anggota GNPF-MUI. Selain itu, dana yang terkumpul dari rekening berjumlah Rp 2,9 Miliar.

"Jadi semua anggota GNPF masih berstatus saksi. Uang terkumpul di Yayasan Keadilan untuk Semua sudah mencapai Rp 2,9 miliar. Itu terdiri dari bantuan mayarakat GNPF dan aset yayasan cuma Rp 2,5 juta," tuturnya.(mg5/JPNN)


Ketua Bidang Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Kapitra Ampera mengungkapkan, Bareskrim Polri telah menjerat


Redaktur & Reporter : Fandi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News