Stafsus Presiden Ikut Tes Untuk Pilgub Papua, Siapa Dia?

Stafsus Presiden Ikut Tes Untuk Pilgub Papua, Siapa Dia?
Stafsus Presiden Lennis Kagoya. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden RI, Lennis Kayoga mengikuti serangkaian tes dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bakal calon gubernur (Bacagub) Papua periode 2018-2023 di Kantor DPP PKB, Sabtu (5/8).

Bagi partai pimpinan Muhaimin Iskandar, keikutsertaan Lenis dalam penjaringan merupakan sesuatu yang menggembirakan.

Sebab putra Papua ini dikenal sangat merakyat dan bisa menjadi penantang utama petahana, Lukas Enambe, yang telah mendeklarasikan dukungan dari partai Demokrat.

“Tentu saja kami menyambut posisitif keikutsertaan Lenis dalam penjaringan. Papua memiliki banyak tokoh yang bisa dipilih untuk memimpin Papua di masa depan. Itulah esensi demokrasi,” kata Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan.

Lennis adalah putra dari almarhum Lenggub Kogoya, dan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua sejak 2010.

Dia merupakan tokoh yang banyak melakukan terobosan untuk pembangunan Papua.

Salah satu terobosan yang dilakukan Lennis adalah penyelesaian konflik Kabupaten Puncak yang telah menyita perhatian pemerintah daerah hingga pemerintah pusat.

Dengan kesadaran dan inisiatif sendiri Lennis membangun komunikasi dengan pihak-pihak yang bertikai sampai ke pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM hingga akhirnya menemukan kesepakatan untuk berdamai.

Staf Khusus Presiden RI, Lennis Kayoga mengikuti serangkaian tes dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bakal calon gubernur (Bacagub)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News