Stimulus Energi Percepat Proyek Listrik

ESDM Yakin Bisa Serap 14.950 Pekerja

Stimulus Energi Percepat Proyek Listrik
Stimulus Energi Percepat Proyek Listrik
JAKARTA- Pemerintah berupaya mempercepat penyerapan dana stimulus fiskal. Di sektor energi, tiga program belanja infrastruktur disiapkan dengan potensi menyerap 14.950 tenaga kerja.

 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro mengatakan, stimulus fiskal untuk sektor energi sebesar Rp 500 miliar akan dialokasikan untuk proyek-proyek sektor kelistrikan. "Selain memperkuat infrastruktur, proyek ini juga diharapkan menyerap banyak tenaga kerja," ujarnya di Kantor Departemen ESDM Senin (23/3).

 

Menurut Purnomo, proyek kelistrikan dipilih untuk penyerapan stimulus fiskal dalam rangka memperluas jangkauan listrik. Saat ini, rasio elektrifikasi nasional baru berkisar 65 persen. Atau, baru sekitar 65 persen wilayah Indonesia yang teraliri listrik. "Proyek dana stimulus ini menjadi bagian program peningkatan rasio elektrifikasi," katanya.

 

Sekjen Departemen ESDM Waryono Karno memaparkan, dari total dana stimulus Rp 500 miliar, Rp 75 miliar dialokasikan untuk proyek Desa Mandiri Energi (DME), Rp 230 miliar dialokasikan bagi proyek induk pembangkit dan jaringan (ikitring) di NTT, NTB, dan Jawa Barat, serta Rp 195 miliar dialokasikan untuk proyek ikitring di Sulsel, Sulut, dan Gorontalo.

 

JAKARTA- Pemerintah berupaya mempercepat penyerapan dana stimulus fiskal. Di sektor energi, tiga program belanja infrastruktur disiapkan dengan potensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News