JPNN.com

Stok Pangan Jelang Lebaran Aman, Beberapa Komoditas Dijual di Bawah Harga Pasaran

Selasa, 04 Juni 2019 – 15:51 WIB Stok Pangan Jelang Lebaran Aman, Beberapa Komoditas Dijual di Bawah Harga Pasaran - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan bahan pangan selama Ramadan dan Idulfitsi kali ini dalam kondisi aman. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, beberapa komoditas justru surplus.

Agung menjelaskan, pemerintah sudah lama mengantisipasi lonjakan kebutuhan pangan saat Ramadan dan Lebaran melalui peningkatan produksi dan penambahan luas lahan tanam. Dengan demikian ketersediaan pangan pun aman.

“Ketersedian bahan pangan cukup dan aman, sehingga konsumen bisa tenang,” ujar Agung, Selasa (4/6). Baca juga: Cerita Menteri Amran soal Ikhtiar 4,5 Tahun Bersama Kementan

Menurut Agung, saat ini stok beras di Bulog sekitar 2,2 juta ton dan musim panen masih berlangsung. Berdasar hasil pemantauan di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta pada 28 Mei 2019, stok beras mencapai 50.752 ton, jauh di atas kondisi normal pada kisaran 25 ribu - 30 ribu ton. 

Sementara berdasar perkiraan neraca kumulatif komoditas lainnya dari Januari sampai Juni 2019, bawang merah mengalami surplus 84 ribu ton, daging ayam surplus 168 ribu ton, cabai rawit surplus 94 ribu ton, cabai besar surplus 158 ribu ribu ton, telur ayam surplus 17 ribu ton, gula pasir surplus 388 ribu ton, dan minyak goreng surplus 13,5 juta ton.

Agung menambahkan, perkembangan harga beras, telur ayam ras, daging sapi, gula pasir dan minyak goreng tingkat eceran di wilayah DKI Jakarta sampai dengan awal Juni 2019 stabil dan normal. Bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan minggu pertama-kedua bulan Mei.

Kementan juga telah melaksanakan operasi pasar di 100 titik di berbagai wilayah dan Gelar Pangan Murah (GPM) yang bersinergi dengan Pemda DKI, PD Pasar Jaya, asosiasi atau supplier dan importir, terutama di pasar eceran dan lingkungan permukiman. 

Baca juga: BKP Kementan Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Cabai dan Brambang

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...