JPNN.com

Strategi Bea Cukai Supaya Perusahaan Berani Ekspor Mandiri

Senin, 25 Januari 2021 – 19:45 WIB
Strategi Bea Cukai Supaya Perusahaan Berani Ekspor Mandiri - JPNN.com
Bea Cukai membantu perusahaan daerah agar berani ekspor mandiri. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, TANGERANG - Bea Cukai membantu perusahaan agar berani melakukan ekspor mandiri.

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten, misalnya, membantu PT FollowMe, salah satu industri kecil menengah (IKM) binaan Bea Cukai Tangerang, hingga akhirnya berani melaksanakan ekspor mandiri produknya ke Papua New Guinea, 18 Januari 2021 lalu.

Kepala Kanwil Bea Cukai Banten Mohammad Aflah Farobi menyebutkan pihaknya dan Bea Cukai Tangerang telah melaksanakan pembinaan berkelanjutan untuk perusahaan tersebut.


Mulai dari pemberian informasi terkait tata laksana ekspor, memberikan dukungan moril bagi pemasaran produknya di pasaran lokal dengan memberikan kesempatan melakukan pameran di Kanwil DJBC Banten.

"Kemudian, pendampingan untuk pemenuhan persyaratan ekspor, serta pendampingan dalam proses pembuatan dokumen ekspor,” katanya, Senin (25/1).

Menurut Aflah, PT FollowMe juga memanfaatkan fasilitas pembebasan cukai etil alkohol yang diberikan oleh Kantor Pusat Bea Cukai melalui dan atas rekomendasi dari Bea Cukai Tangerang,

"Itu merupakan salah satu fasilitas pembebasan pembayaran cukai yang diberikan pemerintah melalui Bea Cukai, atas etil alkohol yang digunakan sebagai bahan penolong dalam proses produksi, karena sesungguhnya etil alkohol adalah salah satu objek pemungutan cukai," paparnya.

Fasilitas tersebut adalah inisiatif Bea Cukai dalam mendorong pertumbuhan industri.

Pemberian fasilitas ini juga bagian dari peran aktif Kanwil Bea Cukai Banten dan Bea Cukai Tangerang dalam memetakan industri-industri di wilayah Banten, khususnya IKM, yang membutuhkan dukungan pemerintah untuk terus bertahan di tengah gempuran efek negatif akibat pandemi Covid-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...