Strategi Hidupkan Jalur Pansela, Begini Saran Kemenhub untuk Kemenparekraf dan Pemda

Strategi Hidupkan Jalur Pansela, Begini Saran Kemenhub untuk Kemenparekraf dan Pemda
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno meninjau langsung jalur Pansela bersama Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dan Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Jumat (20/1). Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub

jpnn.com, SUKABUMI - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan jalur Pantai Selatan (Pansela) di wilayah Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu (Sukabumi) sampai Pangandaran memiliki 13 pantai indah yang sangat potensi untuk dikembangkan.

Karena itu, pihak Kemenhub akan mendorong Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pemerintah daerah untuk mengembangkan destinasi pariwisata pantai agar dapat menghidupkan jalur Pansela.

Hal itu disampaikan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno di sela peninjauan langsung jalur Pansela bersama Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, dan Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Jumat (20/1).

"Kami akan dorong Kemenparekraf dan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada, supaya masyarakat berminat melewati jalur ini," kata Dirjen Hendro.

Menurutnya, jika jalur Pansela Jawa ini ramai digunakan, secara otomatis akan menumbuhkan minat investasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Karena pantai-pantai di jalur Pantai Selatan view-nya sangat luar biasa indahnya," imbuhnya.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi menambahkan jalur pantai selatan dari hingga Pangandaran panjangnya 416 kilometer dengan lebar jalan 7 meter.

"Kondisi jalan juga cukup baik, hanya ada di beberapa tempat kondisi jalannya sedikit rusak, namun sudah langsung diperbaiki, yaitu di wilayah Surade - Tegal Beleud, Kabupaten Sukabumi," paparnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyampaikan saran begini kepada Kemenparekraf dan Pemkab untuk menghidupkan jalur pansela

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News